Kamis, 20 Januari 2011

Buat Animasi pada Photoshop





Buat Animasi pada Photoshop


                       

        Lama euy ga berceloteh lewat tutorial photoshop, sebenarnya sih udah mati gaya, haha lagian mau beralih ke CorelDraw. Tapi susah banget buat tutorialnya, banyak gambar yang mesti diprintscreen. Ok come back to topic.
Pertama buat document baru, caranya:
Klik pada MENU BAR : FILE>NEW atau CTRL+N
Setelah itu terserah anda mau diisi ukuran layernya berapa, klo saya sih seperti pada contoh di bawah ini.  Lalu OK

        Setelah itu, akan tampil layer kosong, karena saya akan membuat panah yang bergerak ke depan, maka saya membuat panah  yang telah jadi, caranya klik pada TOOL BOX > CUSTOM SHAPE TOOL, dan pilih gambar panah. Sebelum menggambarnya di layer, terlebih dahulu anda membuat layer baru, caranya klik pada icon yang bagian pojok kiri, yang udah saya merahkan,  sehingga akan tampil LAYER 1. Setelah itu gambarkan panah tersebut pada LAYER 1. 

             Di karenakan dalam pembuatan gambar bergerak dibutuhkan lebih dari satu atau 2 gambar, maka saya akan menduplikasikan gambar panah tersebut menjadi 3 atau lebih (bagusnya sih lebih dari 3). Caranya Klik pada LAYER 1, dan tekan bersamaan tombol CTRL+J sebanyak 2 x, sehingga akan muncul LAYER 1 COPY, LAYER 1COPY 2.
Bila telah selesai membuat 3 panah-panah tersebut,sekarang  atur posisi panah tersebut seperti pada gambar dengan menggunakan MOVE TOOL. (untuk membuat lebih menarik, warnai panah tersebut).
          

Karena saya teledor alias ga diperhitungkan sebelumnya, hehe.. piss , gambar yang saya buat terlalu kecil, sedangkan layernya kebesaran, jadi saya TRIM, caranya :
klik pada MENU BAR>IMAGE>TRIM> OK
                

Bila telah selesai semua, kini hapus bagian BACKGROUND caranya klik icon paling ujung sebelah kiri bergambar “tong sampah”. Lalu klik YES. Sebenarnya langkah ini dapat juga dilakukan sejak awal, tapi yang saya lupa alias hilaf. Hahahah  (Jiah teledor lagi dah).
           

         Gambar background sudah hilang, ok mari buat animasinya. Caranya klik pada MENU BAR
WINDOW>ANIMATION. Dan akan TOOL BOX ANIMASI, biasanya sih ada di bagian bawah.
  
Lalu klik pada pojok atas BOX ANIMASI (tuh yang saya merahkan),dan akan muncul banyak menu, dan pilih  MAKE FRAMES FROM LAYERS.
 

Dan akan tampil semua layer tersebut pada BOX ANIMASI. Klo udah gitu, tinggal mau dikasih berapa durasi? Klo yang bagian ini sih saya kasih 0.2 detik.  Caranya klik pada bagian yang ada tulisan 0 SEC di bawah layer-layer tersebut.
  

Lantaran mau dibuat format GIF, jadi save nya bukan pake cara biasa, tapi klik pada MENU BAR
FILE>SAVE FOR WEB AND DEVICES
 

Dan akan tampil kaya gini, pilih ORIGINAL kemudian atur seperti pada gambar di bawah ini, dan klik SAVE.
 

Dan ini hasilnya,
 
          Akhirnya kelar juga nih tutorial, hehe  mudah2an bermanfaat, . Simpel memang yang saya buatkan ini, soalnya klo mau buat animasi yang lebih OK, males ah buat gambarnya, hahaha. Klo mau lihat hasilnya yang lain, lihat aja di home page, di box  title atau yang ada gambar bumi terus ada tulisan bergerak muter. Dan klo mau buat tulisan glitter atau imotion juga bisa pake cara ini juga.

Sumber dari blog pertama:  http://night16.multiply.com/journal/item/226/Tutorial_Photoshop_Animasi_pada_Photoshop

0 tukang koment:

Posting Komentar

bila ingin berkomentar mohon dengan sopan :D